15 Februari 2019

Mau jadi dropshipper? Baca dulu 5 Kelamahan dropshipper yang tidak kamu ketahui

Generic Banner

Belum tau apa itu dropshipper.? atau dropship? Baca dulu 4 Jenis Bisnis Online Yang Paling Populer, disana anda akan tau apa saja sih bisnis yang populer. disan ajuga saya sudah menjelaskan, apa itu dropship,

Di internet banyak sekali situs-situs website yang membahas tentang dropshipe bahkan anda mungkin sering menemukan artike-artikel bisnis ropship, Hasil survai yang saya lakukan Bisnis Model Dropship ini menjadi salah satu bisnis tren disaat ini, dan bisa dibilang bisnis ini adalah model bisnis terbaik untuk para pemula. karena dengan model bisnis ini kita tidak perlu modal banyak dan penjualan barangnya pun sangat mudah,

Mengenal Bisnis Dropship

Menjalani bisnis ini, anda tidak perlu punya stok di rumah, karena stok yang meneyediakan adalah supplier online atau offline, tugas anda hanyalah sebagai orang yang menjualkan saja dengan keuntungan mungkin bisa anda sesuaikan sendiri,

Anda tinggal promosi dan mendapatkan pembeli, kemudian anda transfer dan supplier akan engirimkan barangnya ke si pembeli dengan atas nama anda sebagai penjualnya, sehingga pembeli tidak tau hal apapun tentang supplier anda,

Nah, utnuk artikel ini saya akan mengupas apa saja yang jadi kelemahan dalam menjalank bisnis dropsihpper, dan mungkin saja anda belum tau, jika anda sudah mengetahuinya abaikan saja, ini hana untuk anda yang belum tau saja,

Kalo anda mau menjadi dropship, sebaiknya anda simak artikel ini sampai habis, agar tidak terjadi salah pemahaman, karena ini saya buat memang khusus buat anda yang ingin memulai bisnis dropship, mungkin ini akan menjadi bahan pertimbangan buat anda sebelum memulai.

Apa saja sih kelemahan bisnis dropshipper?

Buat anda yang penasaran, silahkan deh langsung saja baca artikel sampai habis, jangan di skip bacanya biar anda paham apa yang menjadi topik dalam artiekl ini

Pertama : Dipinta ketemuan oleh konsumen

wah waaah mungkin ini adalah hal yang paling mendebarkan buat para dropshiper, alasan mereka mungkin saja berbeda-beda, mungkin karena takut ketipu, takut barangnya tidak sesuai, atau bahkan ingin ongkir yang lebih irit, maka dari itu konsumen minta ketemuan,

Kendalanya mungkin bagi para dropship adalah ketika konsumen ingin melihat barang yang dijual si dropshipper, nah looo kan dropshipper biasanya tidak punya stok, karena stoknya dari supplier, dan disaat inilah seorang dropshiper akan diterjang dilema,

Gimana tidak, kan sayang kalo diajak ketemuan terus gak bisa ketemu, rizkinya hilang dong.! kalo bnyak alasan,nanti disangka penipu, nah kalo ketemu lalu diminta tunjukin barangnya gimana,, hmmmm repot kan,! ayoketika seperti ini apa yang akan anda lakukan?

Ketemu?
Kabur?
Atau ngilang?

Hmmm,, ya sebaiknya sih kalo anda mau jadi dropshiper anda minimal harus punya stok sebagai contoh jika nanti anda diajak ketemuan oleh si calon pembeli, biasa donk modal dikit jangan gratisan mulu,, hehe


Kedua : Bos Supplier Tabiat Keong (Lelet)

Selain ketemuan, hal yang paling menyebalkan juga adalah "menunggu", menunggu respon dari suplier terkadang membuat kita jengkel kalo ia lelet, gimana tidak? kita sudah susah payah membantu menjualkan produknya, tapi respon yang diberikan suplier kita kurang baik, alias lelet, dan bagi saya itu adalah hal yang paling menyebalkan, apalagi jika anda seorang dropship yang memang membutuhkan info barang-barang yang selalu update setok produk,

Coba saja anda bayangin, konsumen anda sudah teriak-teriak, call chat, sms, vc, pengen tau stok barang, eh nyatanya suplier anda balasnya super lelet, kalo dah begini pusing kan? apa yang mau kita jawab kepada pelanggan kita hayo?

Nah kalo dah begini rasanya pasti kamu pingin banget pindah suplir kan? YA betul bos, kalo suplier lelet itu mending tinggalin aja, toh kita kan jualan perlu pemasukan yang exstra, kalo lelet begitu gimana tanggapan konsumen anda?


Ketiga : Dropshipper selalu salah

Selalu salah,, ya dropship memang selalu disalahkan ketika ada sedikit kesalahan saja, bahkan ketika anda telat mengirim barang, pasti anda akan disalahkan oleh konsumen, itu mungkin sudah jadinasib sebagai dropship, namun hal ini bisa diatasi dengn cara memilih dropship yang super kualitas, dan sebetulnya itu adalah sebagai tanggung jawab splier untuk mengirim barang ke pelanggan, namun sudah pasti anda saja yang akan disalahkan oleh pelanggan, karena pelanggan anda tidak tau kalo anda dropship.

Selain terlambat kirim, biasanya ada saja kerusakan barang yang dikirim, entah itu karena packing nya yang kurang rapih, atau bahkan bisa saja karena kurir yang kurang hati-hati membawa barang pesanan pelanggan, namun anda juga yang akan disalahkan oleh pelanggan,

Ketika barang tidak sesuai dengan pesanan si pelanggan, waah ini sudah pasti kena tampol deh oleh pelanggan, gimana tidak, pelanggan pesan warna merah, koq malah dikrim warna hitam, lo kira mau ngelayat orang yang mati.? hehe kalo menurut saya sebutulnya sih itu adalah kesalahan si suplier yangkurang teliti. gimana menurut anda.?

Yang paling bahaya lagi, suplier tidak bertanggung jawab dan bahkan tidak mau tau, karena suplier sudah mebgirimkan barang dan uang sudah diterima, waah bahaya tuh kalo  begitu, bisa bangkrut ndroo..!!

Ya begitulah nasib seorang dropsip, selalu salah dimanatamu, hehe oleh karena itu anda harus benar-benar teliti dalam memilih suplier, jangan sampai salah pilih, lakukan riset dulu sebelum memiilih suplier, jangan sampai menyesal dikemudian,

Keempat : Keuntungan Tak Seberapa

Prouk orang koq, sudah pasti kita hanya kebagian sisa donk, gimana tidak, seua produk yang kita jual itu kan milik orang lain, yang sudah ditentukan semuanya, baik, packing, harga, dan lainya, kita sebagai dropship hanya kebagian secuil dari hasil penjualan kita, nah hal ini yang membuat dropship harus extra kerja keras jika ingin mendapatkan penghasilan yang lumayan besar,

Jumlah komisi sekecil itulah yang bikin ngenes para dropship, kerjanya luamyan membutuhkan perhatian menyita waktu untuk promosi eh hasil penualanya kecil banget,

Siapa yang enak dala bisnis ini?
Ya sudah tentu saja supplier, mereka duduk masnis dan menerima hasilnya dari penualan anda, mereka hanya menunggu chat di wa mereka lalu packing dan kirim, sedangkan anda, harus promosi, harus melayani chat dari konsumen yang mungkin saja membuat anda bingung, namun faktanya mereka yang duduk masnis bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada anda,

Bisnis seperti ini memang baik untuk pemula, namun tidak baik jika dilakukan terlalu lama, karena itu akan membuat anda tidak kreatif, cobalah anda menjual produk anda sendiri, dengan menerapkan pengalaman yang didapatkan dari dropship,

Kelima : Sulit untuk berkata jujur

Bukan saja perselingkuhan yang sulit untuk dikatakan, sulit untuk jujur dalam menjawab sebuah pertanyaan, dan ini bukan drama, ini kenyataan lho, bagi anda yang mungkin sudah pernah mencicipi berkahnya hasil dari bisnis online, mungkin an dapernah ditanya hal-hal yang sepele seperti ini,


  1. Mas / Mbak. ini produk asli apa replika?
  2. Ada garansinya gak nih mas / mbak?
  3. Jaminan kualitasnya bagaimana mbak / mas?
  4. MMungkin masih banyak lagi pertanyaan yang lainya

Pertanyaan yang seperti ini akan membuat semua dropship dilanda dilema saat menjawabnya, ya gimana tidak kalo anda tidak bisa jawab denga jelas, tuh rejeki bisa hilang, dan kalo anda jawab ia, mungkin anda belum tau jelas tentang produk yang anda jaul, dosa juga dah pasti dapet, hehe

Dalam kasus ini biasanya dropship mengalihkan pembicaraan ke topi lain, alhasil konsumen anda bisa saja bete dengan hal tersebut, saya sendiri bete banget jika pembicaraan kita tidak ditanggapi malah mengalihakan pembicaraan ke topik lain,

Selamat sukses menjadi dropship.!