22 Maret 2019

Mengenal Bisnis Online Bagi Pemula

Generic Banner

Mengenal Kategori Bisnis Online Inspiratif
Mengenal Kategori Bisnis Online Inspiratif
Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju memberikan angin segar bagi pertumbuhan ekonomi. Semakin mudahnya jalur informasi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi semakin pesat.  
Menjalankan bisnis tidak lagi mensyaratkan modal yang besar, namun usaha ini menuntut kelihaian dalam membaca peluang, kecerdasan dalam mengelola dana yang ada, serta kreativitas dalam memanfaatkan tenaga dan resources –sumber daya yang ada. 

Jika dahulu kita hanya melakukan transaksi jual beli didunia nyata, namun kini ribuan, jutaan, bahkan milyaran transaksi bisa dilakukan didunia maya bahkan dengan waktu hitungan detik. Ini adalah peluang yang besar bagi siapa saja untuk mulai memiliki penghasilan dengan memanfaatkan internet. 

Maka mulai dikenallah istilah Bisnis Online, bahkan kini semakin populer ditengah konsumen. Sebuah model bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan media internet sebagai sarana bekerja membangun dan mengelola bisnisnya. 

Diantara Anda mungkin ada yang masih bertanya kenapa mencari penghasilan dari Internet, bukankah jika diamati sekilas lebih membutuhkan modal dan waktu dan biaya yang besar? namun hasilnya juga tidak benernan nyata, karena kita selalu berkecimpung di dalam dunia yang maya bukan dunia nyata. 

Anggapan ini sangat keliru. Menjalankan bisnis online sama halnya seperti menjalankan bisnis biasa hanya media yang digunaknnya berbeda. Bisnis biasa menggunakan aset fisik ( toko) maka bisnis online menggunakan aset digital (website).

Internet Marketing vs Bisnis Online 

Sebelum mulai berbisnis di internet sangat baik jika Anda mengetahui perbedaan antara Internet Marketing dengan Bisnis Online. Mengapa? Karena dua istilah ini, memiliki perbedaan, terutama dari bidang pembahasan didalamnya. 

Internet Marketing  

Adalah keilmuan dalam menjalankan bisnis di internet. Ini berdasarkan apa yang dibicarakan jika Anda mempelajari Internet Marketing. Seperti bagaimana mendapatkan ide berbisnis, menentukan niche bisnis, mempresentasikan ide dan niche dalam bentuk website bisnis, bagaimana menyusun rencana bisnis, dan bagaimana memaksimalkan bisnis di internet. Semua itu diterapakan dalam berbisnis di internet. 

Bisnis Online  

Adalah bentuk sebuah bisnis. Ini berdasarkan definisi dari bisnis online itu sendiri.“Aktifitas atau pekerjaan yang dilakukan perseorangan/kelompok untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan jaringan internet”.

JADI MANA YANG LEBIH PENTING ? 

Keduanya Penting! Mempelajari Internet Marketing adalah salah satu upaya belajar untuk mendapatkan pemahaman untuk bisa mempraktikkan Bisnis Online dengan baik.  Lebih jelasnya mari kita telaah bersama.

Konsep Dasar Internet Marketing 

Sebagai sebuah konsep dasar menjalankan bisnis, Internet Marketing memiliki konsep yang mungkin menjadi hal yang dibakukan dalam menjalankan bisnis di internet, karena apapun model bisnis yang kita jalankan prinsip atau cara kerjanya hampir sama. 

Membuat Konten atau Offering.  
Membuat sebuah penawaran produk, misalnya artikel, news, posting blog, forum, dan lainnya. 

Menampilkan Konten atau Offering pada Website.  
Bisa website sendiri atau orang lain dengan cara tertentu sehingga target bisnis bisa tercapai. Misalnya agar pengunjung website mengklik iklan PCC atau membeli produk yang Anda tawarkan. 

Mendatangkan Pengunjung atau Visitor  
Dengan berbagai cara traffic generation. Sebuah bisnis hanya akan jadi hal yang sia-sia jika website Anda tidak ada pengunjungnya. 

Inilah yang menjadi 3 konsep dasar Internet Marketing untuk menjalankan Bisnis Online. Apapun model bisnis online yang Anda tekuni prinsip utamanya sama yaitu 3 konsep dasar Internet Marketing ini. Dengan memahami 3 konsep ini tentunya Bisnis Online yang Anda kerjakan akan semakin mudah. Internet Marketing akan memberikan arahan sehingga Anda dalam berbisnis tidak asal jualan.

Inilah mengapa hanya 10% saja yang bisa berhasil dengan Bisnis Online nya karena sebagian besar ingin menjalankan Bisnis Online tetapi mengabaikan Internet Marketing

Bisnis Online 

Rahasia kesuksesan sebuah bisnis adalah Anda tahu bagaimana menjalankannya sesuai dengan metode jenis/tipe bisnis yang bisa dijalankan melalui internet. Seperti: 

  1. Business to Consumer (B2C)
    Pihak penjual adalah suatu organisasi dan pihak pembeli adalah perorangan/pribadi.
  2. Business to Business (B2B)
    Pihak penjual dan pembeli adalah organisasi, membeli produk atau layanan untuk keperluan korporasi/perusahaan.  Misalnya membeli ratusan seragam karyawan, puluhan ton besi untuk industri.
  3. Consumer to Consumer (C2C)
    Pihak perseorangan/pribadi menjual produk atau jasa keorang lain/pribadi.
  4. Business to Employee (B2E)
    Organisasi menggunakan e-commerce dalam internal perusahaan tertentu untuk memberikan layanan pada pegawainya. 


Nah dimanakah Anda akan bergerak ? Produk yang Anda jual bisa produk milik sendiri atau sekedar memasarkan produk orang lain. Yang paling penting adalah Anda memahami apa yang Anda jual dan tahu bagaimana memasarkannya. Anda bisa pasarkan apa saja di internet, baik produk fisik, digital/non-fisik, informasi, dan jasa. 

Anda pun bisa menggabungkan metode bisnis diatas, misal  Anda membeli produk secara pribadi untuk digunakan dalam perusahaan.