22 Maret 2019

Peluang bisnis sampingan menjual jasa atau keahlian

Generic Banner

Peluang bisnis sampingan menjual jasa sendiri
Peluang bisnis sampingan menjual jasa sendiri
Seperti yang sudah ditulis sebelumnya menganai  Selling Own Service yang bisa anda baca terlebih dahuludi halaman mengenl model bisnis bagi pemula dan kali ini adalah artikel kelanjutan dari halaman tersebut, namun bisnis kali ini adalah bisnis menjual jasa sendiri, atau bisa disebuat sebaga Selling Own Service 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, internet adalah media yang sangat baik dan efektif untuk memasarkan atau menjual keahlian, keterampilan dan pengalaman Anda. Menjual sebuah keahlian atau lebih sering disebut bisnis jasa, sebuah model bisnis yang memiliki tingkat perkembangan sangat pesat setelah penggunaan internet semakin luas di dunia. 

Orang-orang kreatif di dunia yang memiliki keahlian dan tinggal di kota kecil seperti di India, Pakistan, Slovenia bahkan Indonesia bisa memiliki klien kerja dari kota besar dunia maju di Inggris, Jepang, Amerika, Canada. Tidak pernah terpikirkan sebelumnya orang yang tinggal di negara berkembang bisa menjual skill/jasanya pada orang-orang di negara maju. 

Ini adalah kabar gembira. Apapun skill, kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki, ada seseorang didunia ini yang membutuhkannya dan siap membayar Anda.

Outsourcing Marketplace 
Sebelum dijelaskan jasa atau keahlian/keterampilan yang populer yang banyak dibutuhkan di internet, saya akan bicarakan sedikit tentang Outsourcing Marketplace atau tempat transaksi antara penyedia jasa dengan yang membutuhkan jasa.  

Outsourcing Marketplace akan menjadi perantara antara penyedia jasa dan yang membutuhkan jasa. Pihak ini menyediakan  mekanisme kerja agar terjadi win-win solution antara penyedia jasa dan yang membutuhkan jasa. Satu pihak memiliki kepastian dibayar oleh klien dan yang satu lagi mendapatkan tenaga ahli yang dibutuhkan. Ada marketplace yang bersifat umum dimana ada banyak jasa yang ditawarkan, dan ada yang spesifik pada satu keahlian, seperti pada keahlian coding / pemograman atau jasa desain. 

Dengan melihat website marketplace Anda bisa mengetahui pekerjaan apa saja yang bisa Anda kerjakan sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang Anda miliki, dan berapa besar biaya yang bisa Anda peroleh jika sukses menyelesaikan tugas/pekerjaan/project tersebut.  

Beberapa Outsourcing Marketplace yang populer: 

1. oDesk.com
2. Elance.com
3. Guru.com
4. Freelancer.com
5. Peopleperhour.com
6. FreelanceDesigner.com
7. ScriptLance.com 

Masih banyak website marketplace selain yang disebutkan diatas yang ada di internet. Dengan semakin berkembangnya zaman, bisnis outsourcing menjadi bisnis yang semakin berkembang diseluruh dunia. Banyak yang memanfaatkan momentum ini dengan membangun sebuah tim kerja yang mengumpulkan berbagai keahlian dan membuka jasa sesuai kebutuhannya. Bisnis jasa di internet sebenarnya bisa menjadi solusi bagus untuk berbisnis, bahkan tanpa modal besar untuk bisa berbisnis, karena bisnis jasa mengandalkan keahlian dan keterampilan Anda untuk dapat menghasilkan uang. 

Jenis Jasa Yang Dibutuhkan 

Apakah Anda sudah mengunjungi website marketplace? Dengan mengunjunginya Anda akan memiliki gambaran jasa apa saja yang banyak dibutuhkan, sehingga jika Anda menguasai keahlian yang dibutuhkan dan berminat membuka bisnis jasa, Anda tidak akan sepi orderan.

Berikut beberapa jasa online freelancer yang dibutuhkan: 

  1. Jasa desain grafis.  
    Meliputi segala macam jasa desain logo, banner, website, brosur, packaging product, header website, dan masih banyak lagi. Semakin berkembangnya bisnis di internet kebutuhan memiliki  sebuah website pun meningkat. Seorang desai grafis bisa menyediakan jasa untuk membuat website mereka lebih menarik.
  2. Jasa pembuatan website.
    Meliputi segala macam bentuk website. Seperti website statis, website dinamis dengan Database, website Wordpress, Jumla, Drupal, dengan Content Management dan lainnya. Banyak tutorial sederhana yang bisa Anda pelajari untuk memiliki keahlian pembuatan website, dengan harapan Anda bisa berkreasi dan kreatif membuat website sendiri.
  3. Jasa coding/pemrograman software atau script.
    Meliputi segala macam bentuk software, baik yang sederhana sampai yang kompleks. Banyak yang beranggapan software yang dijual dan Amerika berasal dari Amerika padahal pembuatnya berasal dari India atau Eropa Timur.
  4. Jasa menulis artikel.
    Semua website membutuhkan content/isi agar memberikan manfaat/value bagi pengunjung website. Artikel adalah salah satu content yang dicari. Tetapi tidak semua pemiliki website memiliki waktu atau bisa membuat sebuah artikel yang menarik.

    Solusinya mereka akan mencari jasa yang bersedia menulis untuk mereka. Biaya pembuatan artikel dengan isi 400-600 kata biasanya antara $6 usd - $20 usd. Seorang penulis professional bisa menulis 10-15 artikel perhari.
  5. Jasa copywriting.
    Jasa penulisan dengan tujuan untuk membuat tulisan penjualan, atau sales letter yang bertujuan meyakinkan pengunjung website untuk membeli produk dari website tersebut. Menjadi seorang copywriter yang bagus memerlukan keahlian/skill, pembelajaran, pengalaman, dan jam terbang yang cukup. Itulah mengapa seorang copywriter yang bisa menulis 3 halaman sales letter yang bagus dan hanya mencharge jasanya $1000 usd dianggap murah. Seorang copywriter professional umumnya dibayar $20.000 usd - $30.000 usd per sales letter yang dibuat.
  6. Jasa ghostwiting.
    Jasa penulisan lainnya yang biasanya bergerak dalam bidang pembuatan penulisan ebook atau artikel report sesuai dengan permintaan. Pembeli jasa memiliki hak penuh atas karya yang dihasilkan sehingga boleh mencatumkan namanya sebagai penulis. Inilah cara termudah bagi seseorang yang ingin memiliki ebook bagus tanpa membuatnya sendiri. Biaya jasa gostwriting bervariasi antara $250 usd - $1000 usd atau bahkan lebih sesuai dengan topik dan banyaknya halaman yang ditulis.

    Namun harga ini sebanding dengan hasilnya, karena dengan jasa ghostwriting  Anda bisa memiliki ebook berkualitas dan bernilai dengan nama Anda sebagai penulisnya. 
  7. Jasa pembuatan transkrip.
    Yang cukup dicari dan dinutuhkan untuk saat ini adalah jasa pembuatan transkrip/teks dari sebuah video atau audio. Jadi pembeli jasa akan memberikan sebuah rekaman video/audio pada seorang transkriper untuk menghasilkan teks kata demi kata dari video/audio tersebut.
  8. Jasa penterjemah.
    Internet adalah media global, sehingga saat ini banyak orang ingin membuat sebuah website, ebook, artikel dalam  berbagai bahasa, sehingga mereka akan mencari orang yang bisa dan siap mengerjakannya.
  9. Jasa virtual assistant.
    Di zaman internet, seseorang bisa memiliki jasa virtual assistant dari mana saja. Contohnya, seorang pebisnis Amerika bisa  memiliki seorang virtual assistant dari India atau Indonesia. Biasanya yang dikerjakan adalah pekerjaan yang tidak memerlukan kehadiran fisik. Seperti mengatur perjalanan, booking tiket pesawat, booking hotel, agenda rapat, menjawab email costumert.
  10. Jasa optimasi SEO atau Search Engine Optimization.
    Jasa ini sangat dibutuhkan oleh para pemilik website yang tidak memiliki waktu atau tidak bisa mengelola dan melakukan optimasi websitenya. Jika Anda memiliki keahlian ini maka Anda bisa membuka jasa SEO. Pasar Anda adalah seluruh dunia karena semua website membutuhkan optimasi SEO.
Itulah beberapa jenis bisnis atau usaha layanan jasa yang bisa anda jalankan sebagai bisnis sampingan, jika ada salah satu yang menjadi minat anda untuk berbisnis, segeralah mulai untuk membangun bisnis, agar anda bisa lebih cepat untuk sukses