Skip to main content

Cara Optimasi Seo Off Page Untuk Meningkatkan Traffic Ke Blog Anda

optimasi-seo-off-page

Optimasi Seo Off Page

Tentu saja, Anda ingin situs web yang dikelola berada di posisi pertama mesin pencari, dengan tujuan meningkatkan lalu lintas yang masuk ke blog atau situs web Anda. Hanya satu trik SEO saja tidak akan cukup, Anda perlu melakukan optimasi SEO lengkap. Setidaknya ada dua faktor SEO yang harus Anda lakukan, yaitu optimasi SEO Off Page dan SEO On Page

Apa itu Off Page SEO?

SEO Off Page tidak terkait dengan konten atau situs web (On Page) tetapi terkait dengan situs web, seperti usia domain dan hubungan dengan domain lain. Teknik ini dapat membuat situs web Anda muncul di posisi teratas mesin pencari.

SEO Off Page juga sangat memengaruhi cara SEO bekerja. Mesin pencari menggunakan elemen SEO Off Page untuk menentukan bagian mana yang paling cocok untuk ditampilkan. 

Mesin pencari menggunakan wewenang untuk menentukan konten apa yang memiliki kualitas baik. Selain itu, backlink atau tautan dari situs web lain juga memiliki peran penting karena itu menjadi tanda kepercayaan bagi mesin pencari. Sedangkan otoritas, backlink atau tautan adalah bagian dari optimasi SEO Off Page.

Mengapa halaman SEO itu penting?

Google atau mesin pencari melalui botnya sendiri akan merayapi banyak halaman web sebelum menampilkan hasil pencarian. Proses ini tentu juga membutuhkan navigasi agar Google dapat menemukan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diperoleh. Proses ini akan mendaftarkan seluruh situs web dan koneksi antara satu situs web dan yang lainnya.

Google, yang telah mendaftarkan semua situs web, akan memberikan skor tinggi ke situs web yang memiliki tautan ke situs web lain. Ini akan menjadi indikator yang baik untuk situs web yang sangat direferensikan oleh situs web lain.

Semakin banyak kualitas tautan biasanya, yang biasanya indikatornya adalah nilai otoritas domain, semakin besar kemungkinan situs web tersebut muncul di bagian pertama hasil pencarian.

Penjelasan di atas menjadi alasan mengapa penting untuk melakukan optimasi SEO Off Page, karena salah satu faktor SEO Off Page adalah penciptaan tautan dari situs web lain (backlink).

Jika SEO Off Page telah dilakukan, Apa manfaatnya?

1. Meningkatkan klasifikasi SERP
SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yang merupakan halaman hasil pencarian kata kunci di mesin pencari.

2. Meningkatkan peringkat halaman suatu halaman web atau situs web
PageRank adalah algoritma yang dipatenkan yang berfungsi untuk menentukan situs web mana yang paling penting / populer.

3. Dapatkan lebih banyak situs web pengunjung unik
Pengunjung unik adalah jumlah pengunjung ke IP dalam periode waktu tertentu.

4. Meningkatkan reputasi situs web
Optimasi SEO Off Page yang tepat dan jelas, akan dapat secara signifikan meningkatkan reputasi mesin pencari.

Faktor Seo Off Page

Intinya, Seo Off Page yang disukai adalah menyebarkan tautan artikel atau situs web ke seluruh jaringan internet. Ini akan membangun jaringan situs web atau istilah yang mudah untuk membangun jaringan link dan membangun jaringan link ini tidak terlepas dari backlink.

Oleh karena itu, fokus pada SEO Off Page adalah bagaimana membangun backlink ini dalam jaringan tautan berkualitas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi apakah SEO Off Page yang kita bangun itu baik atau tidak.

1. Reputasi situs web
Anda harus memilih kembali situs web apa pun yang memiliki reputasi baik dari Google. Ini dapat dilihat dalam percakapan di situs web, jika menghasilkan lebih banyak stigma negatif atau mengandung elemen pembajakan hak cipta, maka Anda harus berhati-hati saat memasang situs web di halaman itu.

2. Kualitas Link Balik / Backlink
Anda juga harus memperhatikan kualitas backlink yang ingin Anda gunakan. Ada beberapa hal yang menjadi bagian dari evaluasi apakah backlink itu berkualitas atau tidak, termasuk: usia domain, reputasi, keaktifan, dan kualitas konten situs web.

3. Anchor yang digunakan backlink
Anchor adalah teks yang telah disisipkan kata untuk menuju ke halaman lain. Ini tidak lebih dari membangun backlink di dalam situs web itu sendiri. Biasanya, teks yang digunakan untuk anchor adalah kata kunci dari artikel yang ditautkan.

4. Backlink unik dan berkualitas
backlink dari satu domain saja tidak cukup bahkan dianggap spam. Anda hanya perlu memasukkan beberapa link dalam backlink. Ini untuk menjaga keberagaman backlink.

Bagaimana cara mendapatkan backlink untuk optimasi halaman SEO dan membangun reputasi situs web?

Pembaruan: beberapa cara di bawah ini mungkin terbilang kuno, tetapi masih dapat menarik pengunjung untuk mengakses situs web Anda. Ada beberapa cara baru yang sedang dikembangkan, yaitu Link Building dan Guest Blogging. Kedua teknik juga dibahas di bawah ini.

Buat situs web untuk membuat tautan dan blog tamu
Tujuan dari optimasi SEO Off Page adalah untuk membangun kepercayaan dan otoritas situs web Anda dari mesin pencari. Dua faktor utama adalah tautan dan reputasi. Bagaimana cara membangun tautan dan reputasi yang baik? Caranya adalah dengan melakukan konstruksi tautan dan teknik blog yang diundang.

1. Apa itu link building?

Mesin pencari akan melihat tautan yang mengarah ke situs web Anda sebagai dukungan. Tautan yang mengarah ke situs web Anda adalah sinyal positif untuk mesin pencari, karena ini menunjukkan bahwa situs web Anda cukup berharga / relevan / dapat diandalkan karena terhubung ke situs web lain.

Ini adalah alasan mengapa pembangunan tautan adalah salah satu teknik optimasi SEO Off Page yang penting.

Namun, Anda harus berhati-hati saat membuat backlink, karena tidak semua domain / situs web dapat menjadi bagian dari pembuatan link yang baik. Ada beberapa kriteria situs web yang baik untuk menjadi bagian dari pembangunan link.
  1. Relevansi antara konten dan halaman web dengan konten Anda.
  2. Situs web otoritas link (otoritas situs web lainnya)
  3. Anchor teks dari tautan ke situs web Anda.
  4. Jumlah pelanggan potensial ke situs web Anda.

Apa itu Blogging Tamu?


Jika pembuatan link building hanya membuat link dari situs web lain ke situs web anda, saat menerapkan teknik blog yang diundang, setidaknya ada dua keuntungan: (1) Pembuatan link (2) Pembuatan reputasi.

Guest Blogging adalah teknik optimasi SEO di luar halaman ketika membuat artikel / publikasi di halaman web lain. Situs web memungkinkan penulis untuk mengarahkan link (tautan) ke situs web pribadinya. Tautan ini dapat berupa iklan untuk menyajikan kepada pengunjung situs web yang Anda kembangkan. Selain itu, ada keuntungan dalam membangun reputasi penulis dan merek melalui artikel tertulis.

Untuk menerapkan teknik ini, Anda dapat mulai mencari situs dengan otoritas yang baik. Anda dapat menggunakan beberapa alat yang dapat membantu Anda menyarankan situs web yang bagus untuk menulis blog tamu dan membuat tautan.

2. Penggunaan profil, publikasi di media sosial, forum

Buat backlink situs web Anda melalui jejaring sosial dengan memasukkan domain situs web di profil media sosial.

Anda juga dapat memasukkan domain situs web Anda melalui publikasi yang Anda buat di jejaring sosial. Ada beberapa jejaring sosial yang dapat Anda gunakan untuk menyajikan situs web Anda, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Scoopit.

Semua tautan yang Anda distribusikan dari jejaring sosial akan dihitung sebagai total tautan yang terhubung ke situs web Anda.

Kedua metode tersebut dianggap sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan mesin pencari di situs web Anda. Saat ini, komentar di situs web kurang berpengaruh pada SEO Anda, tetapi Anda dapat mencoba memasukkan situs web Anda.

Lengkapi profil Anda dan jawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna lain untuk membaca profil Anda. Jadi pastikan bahwa di profil Anda ada alamat situs web yang Anda miliki.

3. Menggunakan situs penyedia backlink gratis

Anda dapat menggunakan situs ini untuk mendaftarkan bisnis Anda sehingga terdaftar di situs web Anda. Saat memproses pendaftaran, masukkan situs web Anda sehingga dapat menjadi backlink dari situs web Anda.

Sebelum mendaftarkan bisnis Anda, lakukan pencarian di Yelp.com atau Folkd.coim untuk memastikan situs web Anda tidak terdaftar di situs itu. Yelp dan Folkd hanyalah dua dari banyak situs yang menawarkan backlink gratis.

4. Tinggalkan komentar Anda di blog.

Beberapa administrator situs web menggunakan metode ini untuk mendapatkan pengunjung dari beberapa situs. Tetapi algoritma Google sudah mulai memfilter tautan yang berasal dari komentar karena ada banyak komentar spam yang muncul.

Untuk mencegah komentar Anda memasuki kategori spam dan merusak reputasi situs web SEO, Anda dapat mencoba menggunakan metode berikut:

  1. Berikan komentar yang relevan dengan isi konten artikel yang anda baca.
  2. Tidak termasuk URL dalam komentar.
  3. Pasang gravatar di profil yang Anda gunakan
Tiga cara diatas dapat anda mencoba memperkenalkan situs web Anda melalui komentar dan, tentu saja, akan meningkatkan kepercayaan mesin pencari sehingga optimasi SEO lebih optimal.

Meskipun metode ini umumnya tidak memiliki dampak besar pada pembuatan backlink, namun cukup untuk mencoba membangun reputasi atau popularitas situs web Anda.

5. Tulis testimonial

Hampir semua perusahaan besar, menengah atau kecil memerlukan testimonial untuk perusahaan mereka. Atau bahkan di beberapa perusahaan, tunjukkan testimonial Anda di halaman depan mereka, dan beberapa situs perusahaan memiliki halaman lengkap untuk memberikan informasi kepada pelanggan (yang selalu memiliki tautan di halaman beranda, biasanya sesuai dengan "kisah sukses pelanggan")

Jadi bagaimana membuatnya ini menjadi salah satu metode yang mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk situs Anda?

Hal pertama adalah membuat daftar produk atau layanan yang telah anda gunakan. Kemudian lihat, dalam daftar, produk mana yang memiliki halaman untuk testimonial. Jika ada, luangkan waktu sejenak untuk menulis testimonial untuk mereka, lalu hubungi atau kirim melalui halaman kontak dan pesan.

Tidak! Bahkan tidak perlu meminta tautan, karena mereka biasanya akan memasukkannya secara otomatis, hanya untuk membuktikan bahwa kesaksian yang Anda berikan benar.

6. Menciptakan infografis 

Infografis adalah tren populer dalam SEO dan merupakan tambahan yang bagus untuk memperkenalkan situs web Anda kepada pengguna internet. Strategi ini jarang digunakan oleh sebagian besar pakar SEO, sehingga Anda dapat menggunakannya terlebih dahulu untuk mempromosikan situs web Anda dan membuat backlink berkualitas.

Ini bisa jadi karena mereka percaya bahwa melakukan infografis memerlukan desain yang cukup rumit, tetapi ternyata tidak. Anda dapat menggunakan situs "iklan pekerjaan" dari iklan pekerjaan online yang banyak tersedia di Internet untuk merekrut perancang independen dengan harga yang terjangkau.

Infografis menyediakan informasi melalui estetika visual yang pasti akan menghasilkan tindakan online. Yang perlu Anda lakukan adalah memikirkan ide itu, menulis informasi yang singkat dan ringkas, dan merekrut seorang desainer untuk menghidupkannya.

Anda juga dapat menggunakan situs seperti Piktochart untuk membuat infografis Anda sendiri.

Sekarang setelah infografik ada, langkah selanjutnya adalah berbagi infografis melalui jejaring sosial. Anda dapat menggunakan situs-situs seperti Visual.ly, DailyInfoGraphic.com dan AmazingInfoGraphics.com.

Anda juga dapat membagikan infografis dengan situs web pelanggan atau membaginya dengan pengunjung situs pada saat itu.

7. Gunakan bookmark sosial, artikel direktori ke web direktori

Anda juga dapat memanfaatkan Bookmark Sosial atau Direktori Artikel untuk melakukan optimasi SEO Off Page Anda. Kirim artikel Anda melalui konten yang dihasilkan oleh sit as Medium, Kompasiana atau Slidshare untuk memasukkan konten yang Anda buat dan kemudian mengarahkannya ke domain situs web Anda sendiri.

Aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan optimasi SEO dari halaman tersebut
Ada sejumlah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukan penelitian sebelum Anda berlatih panduan tentang cara mengoptimalkan optimasi SEO dari halaman. Aplikasi ini menganalisis cara kerja situs web Anda dan memberikan saran tentang apa yang dapat dilakukan untuk membuat SEO di situs web lebih optimal.


  1. Alexa
  2. Ahref
  3. Moz
  4. Google AdWords

Kesimpulan

Optimasi SEO Off Page mencakup banyak aspek, tidak hanya bagaimana situs web lain memberikan pendapatnya, tetapi juga bagaimana pemilik situs web mengarahkan artikel dari satu artikel ke artikel lainnya.

Faktor umum SEO Off Page tentu saja memiliki pengaruh besar pada kualitas SEO di situs web. Jadi itu perlu dipertimbangkan dan dikembangkan lagi.

Optimalisasi SEO Off Page SEO tidak akan berfungsi dengan baik jika kinerja situs web tidak berkembang juga, berikut adalah beberapa panduan yang juga dapat berguna bagi Anda untuk belajar.

Terimakasih: Bantu blog ini agar terus berkembang, klik share yang ada dibawah ini, disetiap halaman yang kamu baca dan pilih sosial media yang kamu gunakan agar bisa dibaca oleh temen-temen kamu, share kamu sangat berharga bagi perkembangan blog ini, semoga 1 kali kamu share, kamu mendapatkan 10x lipat kebaikan dan mendapatkan rizqi yang berlipat serta dijauhkan dari segala bahaya. Amiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar