Skip to main content

Cara Membangun Bisnis Plan Khusus Bagi Pemula

Cara Membangun Bisnis Plan

Cara Membangun Bisnis Plan

Di dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara membuat bisnis plan sederhana. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir, karena mungkin saja Anda dapat inspirasi setelah membaca artikel ini sampai akhir.

Membangun bisnis memang tidak semudah membalik telapak tangan. Nah, dengan menyusun sebuah bisnis plan, tidak hanya dapat membantu Anda saat mendirikan, tapi juga saat bisnis itu tengah berkembang.

Bisnis plan dapat diartikan sebagai sebuah rencana bisnis atau peta yang tertulis mengenai masa depan bisnis Anda, sebuah dokumen yang  memberitahukan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda berencana untuk melaksanakannya. 

Secara sederhana bisnis plan adalah langkah-langkah apa saja yang akan Anda kerjakan untuk mencapai target dalam kurun waktu tertentu. 

Pada umumnya bisnis plan menggambarkan proyeksi beberapa tahun ke depan tentang target yang ingin Anda capai.

Ada beberapa alasan kenapa Anda harus memiliki bisnis plan untuk membangun bisnis, diantaranya : 

Mengetahui berapa dana yang dibutuhkan

Bisnis plan membantu Anda menghitung berapa banyak dana/modal usaha yang Anda butuhkan. Membuat bisnis plan mau tidak mau, mengharuskan Anda untuk melihat keuangan Anda. Darimana sumber dana Anda, ke mana dana itu akan digunakan. Serta apakah jumlah tersebut akan cukup, tidak hanya pada saat membangun bisnis, tapi juga saat bisnis tersebut telah berjalan.

Untuk membantu Anda agar tetap fokus

Memulai bisnis artinya Anda akan memiliki banyak hal yang harus dipikirkan. Hal-hal tersebut bisa membuat Anda kewalahan dan jadi hilang fokus. Membuat garis besar tentang rencana bisnis dan misi Anda akan membantu Anda menentukan tujuan dan tetap pada jalurnya.

Untuk membantu Anda menghadapi persaingan

Salah satu bagian dari membuat bisnis plan adalah melakukan riset terhadap pasar produk Anda. Menganalisa persaingan pasar bisa membantu Anda menentukan harga serta menargetkan konsumen atau pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda, sekaligus memberikan ide bagaimana membuat bisnis Anda lebih unik dibandingkan dengan bisnis lain yang sejenis.

Berikut adalah hal-hal yang harus ada dalam bisnis plan Anda :

1. Target yang ingin dicapai

Tulislah semuanya yang ingin anda capai bersama bisnis yang akan anda jalankan. Cukup tulis satu atau dua baris saja. Tulis secara jelas beserta tahun ke berapa target bisa tercapai.

2. Deskripsi bisnis Anda

Tuliskan siapa Anda dan apa yang akan Anda lakukan selama proses mencapai target yang telah Anda tulis sebelumnya. Tulis juga mengenai harapan pasar terhadap bisnis Anda. Sebenarnya ini lebih kepada visi tetapi cobalah ditulis secara sederhana dan masuk akal.

3. Produk yang ditawarkan

Buatlah daftar terhadap produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Beri keterangan atau informasi, seberapa penting produk atau jasa tersebut bagi konsumen. Anda bisa membuatnya dalam bentuk uraian singkat atau pun bentuk tabel.

4. Analisis pasar

Pada bagian ini, Anda perlu menjelaskan jenis bisnis yang Anda geluti. Ketahui pasar dengan cara seberapa besar pasar membutuhkan produk atau jasa Anda. Yang paling mudah untuk melakukannya adalah coba tanyakan pada diri Anda apakah Anda juga membutuhkannya?

5. Analisis Pesaing

Tuliskan analisis kompetisi atau tingkat persaingan dari bisnis Anda. Misalnya, berapa banyak pesaing Anda? Apakah hanya satu ataukah lebih? Apa saja cara atau strategi yang digunakan oleh pesaing Anda untuk mendatangkan pengunjung ke tempat mereka? Berapa harga yang ditawarkan oleh para pesaing Anda? Dan sebagainya.

6. Strategi Pemasaran

Setelah Anda mengetahui strategi apa saja yang digunakan para pesaing Anda, silahkan Anda buat strategi Anda sendiri untuk mendatangkan pengunjung atau calon pembeli ke bisnis Anda. Anda bisa meniru apa yang telah dilakukan pesaing Anda, ataupun memodifikasinya sesuai dengan keahlian dan kemampuan Anda. Dan ingat, jika Anda tidak bisa menanganinya sendiri tentang strategi pemasaran Anda, masih ada orang lain yang bisa membantu Anda. Contohnya yang membuka jasa periklanan di media sosial dan sebagainya.

7. Dana

Hitung secara cermat sumber dana yang akan Anda gunakan. Paling mudah buatlah sebuah tabel dengan 2 (dua) kolom. Kolom pertama berisi pengeluaran dan Kolom kedua berisi keuntungan. Batasi juga pengeluaran dengan menuliskannya, sehingga Anda dapat memperhitungkan secara cermat berapa jumlah yang dikeluarkan dan apa yang akan Anda dapatkan.

Dari penjelasan panjang lebar di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat bisnis plan itu harus. Memulai sebuah bisnis baru, ibaratnya seperti menempuh perjalanan baru ke suatu tempat yang belum pernah Anda singgahi sebelumnya. Oleh karena itu, bisnis plan berperan sebagai panduan, peta sekaligus kompas yang akan membawa Anda menuju ke tujuan Anda.

Demikianlah pembahasan dalam artikel kali ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Saya do'akan, Anda yang akan menjalankan sebuah usaha dan juga Anda sedang menjalankan usaha, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.

Jangan lupa untuk membagikan postingan ini,

Terimakasih: Bantu blog ini agar terus berkembang, klik share yang ada dibawah ini, disetiap halaman yang kamu baca dan pilih sosial media yang kamu gunakan agar bisa dibaca oleh temen-temen kamu, share kamu sangat berharga bagi perkembangan blog ini, semoga 1 kali kamu share, kamu mendapatkan 10x lipat kebaikan dan mendapatkan rizqi yang berlipat serta dijauhkan dari segala bahaya. Amiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar