Skip to main content

6 Cara Mudah Untuk Menarik Pelanggan Bisnis Yang Efektif

Cara Mudah Untuk Menarik Pelanggan

Cara Mudah Untuk Menarik Pelanggan

Di artikel kali ini saya akan memberikan Anda tips-tips cara menarik pelanggan yang efektif dan sudah dibuktikan oleh banyak pengusaha. Jadi baca terus artikel ini sampai akhir.


Di era sekarang ini, persaingan dalam bisnis sudah semakin ketat. Tentunya, memiliki banyak pelanggan merupakan salah satu tujuan dari sebuah perusahaan. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan agar mau membeli produk Anda:

1. Publikasikan program-program promosi yang Anda lakukan

Penawaran promosi seperti diskon potongan harga, buy 1 get 1 free (beli 1 gratis 1), atau pemberian hadiah khusus bagi para konsumen setia, merupakan ajang bagi para pelaku usaha untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

Karena itu jangan pernah lupa menginformasikan kegiatan promosi yang Anda laksanakan kepada khalayak ramai.

2. Bagikan contoh produk gratis kepada konsumen

Dari sampel gratis yang diberikan, secara tidak langsung akan mendorong para konsumen untuk ingin mengetahui dan mengenal lebih jauh lagi tentang produk yang Anda tawarkan.

Dan tidak menutup kemungkinan bila banyak konsumen yang akhirnya membeli produk Anda setelah mendapatkan sampel gratis.

3. Optimalkan Teknologi yang Sudah Ada

Di era modern ini, teknologi merupakan sesuatu yang sangat penting dan telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan baik untuk komunikasi, hiburan maupun bisnis.

Lalu kenapa tidak kita gunakan keperluan bisnis kita?
Ada banyak sekali alternatif pemasaran melalui teknologi seperti iklan online, email marketing, dan sebagainya. Mungkin yang paling mendasar adalah buatlah sebuah company profile. Jika Anda bukan perusahaan, buatlah sebuah situs yang mempromosikan produk Anda.

Atau bisa juga membuat akun di sosial media seperti facebook, twitter, youtube, google +, instagram dan sebagainya. Sebagai contoh : kita lihat saja sebuah saluran televisi nasional yang bernama NET TV.

Mereka mengoptimalkan teknologi terutama sosial media yaitu youtube dan twitter. Di Youtube, setiap acara yang telah mereka tayangkan di televisi, mereka upload. Selain itu, ada tayangan live streaming di situs resmi NET TV.

Dan live streaming itulah yang mereka jadikan alternatif bagi pemirsa mereka yang masih belum bisa menjangkau tayangan NET TV. Selain itu, sebagian besar program acara di NET TV selalu mengadakan kuis interaktif di twitter dan seringkali menjadi Trending Topik di Twitter.

Dan itu merupakan strategi promosi yang cerdas. Dan hasilnya  hanya dalam kurun waktu 2 tahun program-program acara NET TV sudah bisa menyaingi program-program acara dari Stasiun TV yang lain yang sudah lebih berpengalaman.

4. Sebarkan informasi dengan cara unik dan tertarget

Sebagai contoh : Jika target pasar dari usaha Anda adalah para pelajar, Anda bisa saja mempromosikan usaha Anda dengan cara membagikan buku tulis secara gratis. Tentunya dengan menempelkan iklan pada cover buku tulis yang Anda bagikan tersebut.

Ini adalah cara yang cukup unik dan benar-benar tertarget. Atau jika target pasar Anda adalah khalayak umum, Anda bisa juga membagikan kaos gratis di tempat yang ramai tentunya dengan iklan yang menempel di kaosnya tersebut.

Alternatif lain
jika modal Anda minim, Anda bisa membagikan tisu gratis di tempat yang ramai dan tentu saja harus ada iklan perusahaan Anda yang menempel di kemasan tisu tersebut. Cara ini jauh lebih efektif daripada Anda hanya membagi-bagikan brosur atau pamflet tentang usaha Anda karena brosur/pamflet pada dasarnya adalah barang yang tidak berguna bagi orang lain.

Jadi bisa saja setelah dibaca, brosur tersebut langsung dibuang begitu saja. Berbeda dengan buku, kaos atau tisu yang telah saya jelaskan tadi. Ketiga barang tersebut adalah barang yang berguna dan sayang jika harus dibuang begitu saja.

Dan iklan perusahaan Anda akan terus mereka lihat sepanjang barang gratis yang Anda bagikan tadi masih bisa dipakai oleh mereka.

Tidak hanya 3 barang itu saja, ada juga yang berpromosi dengan membagikan gelas mug, kalender, jam dinding, bolpoin dan lain sebagainya. Tergantung kepada <i>budget</i> yang Anda miliki dan kreatifitas Anda.

5. Buatlah sebuah event berhadiah

Seperti yang telah disebutkan di poin nomor dua tadi, Anda tidak perlu takut untuk memberikan sesuatu. Anda bisa membuat sebuah kontes atau kompetisi berhadiah, hal ini tentu merupakan salah satu alternatif terbaik dalam menarik pelanggan baru.

Tentunya Anda pernah mendengar tentang kontes foto berhadiah bukan? Caranya adalah dengan mengirimkan foto si konsumen yang sedang memakai atau mengkonsumsi produk yang ditawarkan.

Dengan begitu penjualan dari produk yang ditawarkan tadi akan meningkat secara drastis dan kemungkinan besar mendatangkan pelanggan-pelanggan baru bagi usaha Anda.

6. Berikan inovasi baru yang belum dimiliki produk lain

Dengan adanya inovasi baru pada produk Anda, ini bisa menjadi salah satu kelebihan yang dapat Anda jadikan sebagai modal usaha. Ketika produk Anda memiliki nilai lebih dibandingkan produk lainnya, maka peluang konsumen membeli produk Anda semakin terbuka lebar.

Dan penjualan pun dapat meningkat seiring bertambahnya jumlah konsumen yang tertarik membeli produk Anda. Itulah beberapa tips tentang cara menarik pelanggan yang bisa saya berikan kepada Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Saya do'akan Anda yang sedang menjalankan usaha ataupun yang akan menjalankan sebuah usaha, semoga diberi kemudahan, diberi kelancaran dan senantiasa diberikan kesehatan.

Terimakasih: Bantu blog ini agar terus berkembang, klik share yang ada dibawah ini, disetiap halaman yang kamu baca dan pilih sosial media yang kamu gunakan agar bisa dibaca oleh temen-temen kamu, share kamu sangat berharga bagi perkembangan blog ini, semoga 1 kali kamu share, kamu mendapatkan 10x lipat kebaikan dan mendapatkan rizqi yang berlipat serta dijauhkan dari segala bahaya. Amiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar